AL-BIRUNI

Kehadiran majalah di sekolah merupakan salah satu dari upaya nan dilakukan oleh pihak sekolah dalam mewadahi dan menyalurkan kreatifitas dan talenta positif nan dimiliki oleh semua warga sekolah. Tak hanya itu, keberadaannya juga dijadikan sebagai bagian dari kewajiban pilihan proses belajar mengajar. Biasanya akan menempati posisi sebagai pelajaran ekstrakulikuler sebagai tambahan pelajaran wajib.

Di samping ke dua fungsi tadi, kehadiran sebuah majalah sekolah juga akan memiliki fungsi generik media atau pers, yakni sebagai alat pemberi informasi, hiburan, kontrol sosial dan sebagainya. Dengan adanya majalah sekolah nan dikelola secara baik, artinya para warga sekolah telah melakukan latihan persiapan menekuni global jurnalistik dan kepenulisan sebetulnya.

majalah AL_BIRUNI diterbitkan dari kreatifitas guru dan siswa SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen. majalah sekolah yang sedianya akn diterbitkan triwulanan ini menjadi sangat berarti karena dilahirkan di tengah-tengah kesibukan guru dan siswa dalam proses dan tanggung jawab pelajaran mereka. pada edisi pertama ini tema yang diangkat adalah tentang emansipasi wanita menurut kaca mata Islam. bertolakdari perjuangan sosok Kartini yang tanggung dan taat terhadap agama dan tradisi di jamannya, disambung dengan ulasan beberapa persalahan yang banyak terjadi pada orang tua yaitu sulitnya mengatur jam tayang TV dan media elektronik lain yang berengaruh terhadap anak-anak. pada sajian akhir di tampilkan beberapa foto kegiatan anak-anak selama jeda semester sebagai bentuk refreshing dan pembelajaran ekstrakurikuler.
Selamat membaca..

Komentar